Global  

PM Israel Netanyahu di Ambang Pelengseran usai Koalisi Pemerintahan Baru Israel

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

TEL AVIV | GemaNusantara.id Rezim pemerintahan PM Benjamin Netanyahu dikabarkan bakal digulingkan. Koalisi pemerintahan baru Israel segera terbentuk.

Sejumlah elemen oposisi telah bergabung dalam sebuah koalisi untuk membentuk pemerintahan baru Israel. Seperti diketahui, Netanyahu telah lama bercokol di pucuk pemerintahan Israel.

Times of Israel menyebut koalisi pemerintahan baru Israel dikomandoi Naftali Bennett, mantan menteri pertahanan di kabinet Netanyahu. Dia berkongsi dengan pemimpin oposisi Yair Lapid.

Koalisi pemerintahan baru Israel tersebut direncanakan akan terbentuk melalui perjanjian baru yang akan membagi kekuasaan.

Bennett akan mengambil alih kekuasaan sebagai perdana menteri terlebih dahulu, dan kemudian Lapid jika mereka berhasil menggulingkan Netanyahu dari kekuasaan.

“Kita bisa menghentikan kegilaan dan mengambil tanggung jawab,” kata Bennett pada hari Minggu saat mengumumkan pembentukan koalisi anti-Netanyahu.

“Pemerintah persatuan diperlukan untuk menyelamatkan Israel dari kekacauannya,” ujarnya.

Netanyahu dihadapkan beragam bentuk demo antipemerintah dan tuduhan korupsi. Merespons rencana penggulingan tersebut, PM Netanyahu melemparkan kecaman.

“Kesepakatan koalisi sebagai penipuan abad ini,” tulis Netanyahu dalam unggahan di Twitternya.

Dia menambahkan bahwa konflik baru-baru ini dengan Hamas membuktikan bahwa Israel tidak dapat berfungsi dengan sayap kiri.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *