Menag Bakal Sertifikasi Pendakwah dan Ustaz soal Wawasan Kebangsaan

Penyembelihan Kurban

JAKARTA | GemaNusantara.id Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mewacanakan sertifikasi wawasan kebangsaan untuk para ustaz. 

Yaqut mengatakan sertifikasi ini merupakan bagian dari program moderasi beragama yang diusung Kementerian Agama.

“Diharapkan, para dai yang sudah terbina akan bertambah wawasan serta kompetensi keilmuannya dan memiliki integritas kebangsaan yang tinggi,” kata Yaqut dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama, Senin (31/5), disiarkan kanal Youtube DPR RI.

Dalam kesempatan itu Yaqut menyampaikan Kemenag akan menggandeng organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dalam program tersebut. 

Nantinya, kata dia, terlibat dalam dalam melakukan bimbingan teknis kepada para pendakwah.

Yaqut berkeyakinan dengan sertifikasi ini nantinya pendakwah akan memiliki kompetensi. Ia pun berharap para pendakwah yang telah tersertifikasi bisa mensyiarkan dakwah melalui pendekatan kultur dan budaya setempat.

Upaya sertifikasi pendakwah telah digaungkan oleh Kementerian Agama sejak beberapa tahun terakhir. Program ini sempat memicu polemik pada era Menag Fachrul Razi.

Meski demikian, kebijakan itu sempat ditolak oleh sejumlah ormas bahkan Majelis Ulama Indonesia. Kebijakan itu dinilai sebagai upaya negara mengontrol kehidupan beragama.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *