Opini  

Prosedur dan Tata Cara Penyitaan

penyitaan kejaksaan
Chaerul Amir
Oleh Dr. Chaerul Amir SH MH
Penulis buku Perlindungan Hukum terhadap Benda Sitaan

 

Dalam hal penyitaan, maka pejabat yang berwenang, prosedur dan tata caranya adalah sebagai berikut:

1) Berdasarkan ketentuan Pasal 38 KUHAP, bahwa dalam hal penyitaan, adalah:

(1) Penyitaan hanya dapat dilakukan oleh penyidik dengan surat izin ketua pengadilan negeri setempat.

(2) Dalam keadaan yang sangat perlu dan mendesak bilamana penyidik harus segera bertindak dan tidak mungkin untuk mendapatkan surat izin terlebih dahulu, tanpa mengurangi ketentuan ayat (1) penyidik dapat melakukan penyitaan hanya atas benda bergerak dan untuk itu wajib segera melaporkan kepada ketua pengadilan negeri setempat guna memperoleh persetujuannya.

2) Berdasarkan ketentuan Pasal 128 KUHAP, bahwa penyidik pada saat akan melakukan penyitaan, maka Penyidik “terlebih dahulu ia menunjukkan tanda pengenalnya kepada orang dari mana benda itu disita”.

3) Berdasarkan ketentuan Pasal 129 KUHAP, bahwa pada saat penyitaan dilakukan, maka:

(1) Penyidik memperlihatkan benda yang akan disita kepada orang dari mana benda itu akan disita atau kepada keluarganya dan dapat minta keterangan tentang benda yang akan disita itu dengan disaksikan oleh kepala desa atau ketua lingkungan dengan dua orang saksi.

(2) Penyidik membuat berita acara penyitaan yang dibacakan terlebih dahulu kepada orang dari mana benda itu disita atau keluarganya dengan diberi tanggal dan ditandatangani oleh penyidik maupun orang atau keluarganya dan atau kepala desa atau ketua lingkungan dengan dua orang saksi.

(3) Dalam hal orang dari mana benda itu disita atau keluarganya tidak mau membubuhkan tandatangannya hal itu dicatat dalam berita acara dengan menyebut alasannya.

(4) Turunan dari berita acara itu disampaikan oleh penyidik kepada atasannya, orang dari mana benda itu disita atau keluarganya dan kepala desa.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *