Anggota Fraksi PDIP Desak Jokowi PSBB Secara Nasional

Vaksinasi Booster
(setkab)

JAKARTA | GemaNusantara.id Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Charles Honoris mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara nasional atau lockdown di Pulau Jawa.

“Untuk menyelamatkan hilir yang nyaris kolaps, Presiden Jokowi perlu menerapkan PSBB secara nasional atau setidaknya lockdown di Pulau Jawa, yang berimplikasi pada penutupan secara total terhadap sekolah, pusat perbelanjaan dan perkantoran, kecuali pada segelintir sektor usaha vital tertentu,” ujar Charles dalam keterangannya, Minggu (27/6).

Menurut dia, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mikro tak lagi efektif meredam laju penularan di hulu sehingga membuat angka keterisian tempat tidur fasilitas kesehatan seperti di lima provinsi di Pulau Jawa sudah merah dengan di atas 80 persen. Sementara itu, kata Charles, fasilitas kesehatan di daerah lain berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa.

“Kita tentu tidak ingin jika tanpa pembatasan sosial besar-besaran, provinsi lain seperti di Indonesia Timur, yang BOR [Bed Occupancy Rate] faskesnya saat ini masih hijau, menjadi kacau balau seperti faskes Pulau Jawa sekarang,” tutur dia.

“Derasnya penularan Covid-19 di hulu harus kita redam sedini mungkin dengan pembatasan sosial besar-besaran. Tolong pak Jokowi, kondisi sudah darurat,” lanjutnya.

Seperti diketahui, mengiring lonjakan tajam covid-19. belakangan ini, BOR di sejumlah RS nyaris mencapai 100 persen. Beberapa daerah bahkan terpaksa membuat tenda di luar rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19. 

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *