TNI AL Resmikan Kapal Pengangkut Tank, KRI Teluk Youtefa

JAKARTA | GemaNusantara.id – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono meresmikan Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Youtefa di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/7).

“Nama KRI Teluk Youtefa 522 diambil dari sebuah nama Teluk Youtefa berada di wilayah garis pantai kota Jayapura yang berada  di  dalam  Teluk Yos Sudarso atau dikenal  dengan  juga sebagai Teluk Humboldt,” kata Yudo dalam keterangan resminya, Senin (12/7).

Yudo menjelaskan bahwa KRI Teluk Youtefa memiliki fungsi utama sebagai kapal angkut  tank.  KRI itu juga dapat mengangkut alat-alat perang, logistik dan personel dari pangkalan  awal ke daerah sasaran secara terbatas.  

Tak hanya itu, Kapal itu juga memiliki fungsi tambahan yakni mengangkut helikopter untuk tugas khusus, seperti  pengintaian dan raid serta dapat mengangkut pasukan dalam rangka penggantian pasukan.

“Kapal ini juga mampu melaksanakan search  and  rescue terbatas dalam pencarian dan  pertolongan terhadap korban kecelakaan  di  laut,” kata Yudo 

KRI Teluk Youtefa ini memiliki kapasitas untuk diisi awak sebanyak  111  personel. KRI ini memiliki  panjang 120 meter dengan lebar  18  meter dengan  bobot 4.508  ton. Sehingga, kapal ini dapat mengangkut 10 unit tank leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, 2 unit helikopter dan 361 pasukan.

KRI ini mampu berlayar  selama 20  hari  dengan menggunakan dua mesin stx-man   diesel 4.320 kw. Kapal ini juga dibekali kecepatan maksimum 16  knots,  kecepatan  jelajah 14,8  knots dan kecepatan ekonomis  13,6 knots  dengan   kemampuan   jelajah  sejauh 7200 nautical  miles. 

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *