Ketika Pelajar SMA Tanya Jokowi Apa Gunanya PPKM Darurat

Pertanian

JAKARTA | GemaNusantara.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar SMP dan SMA di 14 provinsi secara virtual, Rabu (14/7).

Jokowi mendapat pertanyaan dari seorang siswa di sana. Sang siswi, Kristanti menanyakan apa alasan di balik diberlakukannya PPKM Darurat dan apa pengaruhnya dalam pengendalian penularan Covid-19. 

Presiden Jokowi pun menjelaskan latar pelaksanaan kebijakan PPKM Darurat. Jokowi menyampaikan, tujuan utama pelaksanaan PPKM adalah membatasi interaksi dan mobilitas masyarakat. Teorinya, ujar presiden, interaksi antarorang dan antarkelompok yang berkurang bisa mengurangi peluang penularan. 

“Jadi ini PPKM mengurangi mobilitas, mengurangi pertemuan, mengurangi interaksi orang dengan orang, kelompok dengan kelompok sehingga mengurangi penyebaran covid-19. Dalam teorinya kalau mobilitas turun, interaksi antar orang turun, penyebaran juga dipastikan akan turun. Teorinya seperti itu,” kata Jokowi.

Prinsip pelaksanaan PPKM ini, ujar presiden, tidak hanya dilakukan oleh Indonesia saja. Negara lain pun melakukan pembatasan mobilitas dengan beragam kebijakan, mulai dari penguncian wilayah atau lockdown hingga pembatasan yang ketat. 

“Tapi intinya baik lockdown atau PPKM, mengurangi mobilitas, mengurangi pertemuan orang dengan orang. Intinya ke sana pembatasan itu,” kata Presiden Jokowi. 

Sebagai informasi, pelaksanaan PPKM darurat sudah berlangsung nyaris dua pekan. Namun penurunan mobilitas yang terjadi tidaklah signifikan. Pemerintah mencatat, penurunan mobilitas di Jawa dan Bali hanya berada di rentang 10-20 persen. Bahkan angka penambahan kasus Covid-19 terus-menerus mencatatkan rekor tertinggi, termasuk pada Selasa (13/7) kemarin dengan 47.899 kasus baru. 

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *