Jokowi Minta Kepala Daerah Mendata Pasien Meninggal Sudah Divaksin atau Belum

Angka Kematian

JAKARTA|GemaNusantara.id – Presiden Joko Widodo meminta agar para kepala daerah memiliki data yang pasti terkait pasien meninggal apakah sudah divaksinasi ataukah belum.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan saat Rakor secara virtual bersama para pemimpin daerah se-Jawa dan Bali beserta sejumlah menteri terkait pada Rabu (21/7).

Dia menambahkan ketersediaan oksigen, penanganan oleh Rumah Sakit, akses kepada obat juga harus mendapatkan perhatian.

“Kalau boleh, semua teman-teman para gubernur dan para bupati/walikota untuk melakukan pendataan. Saya berharap ini nanti bisa disampaikan,” tambahnya.

Dia menegaskan pemerintah harus fokus kepada menurunkan tingkat kematian yang telah mencapai lebih dari seribu orang.

Mengenai Langkah intervensi, Menkes Budi meminta fasilitas kesehatan di daerah agar dapat menyediakan data, diantaranya apakah pasien meninggal sudah divaksin lengkap atau belum.

Selain itu dilakukan perbandingan jumlah pasien komorbid data pasien meninggal pada tahap badai sitokin atau sebelum, dan apakah sebelum meninggal sudah mendapatkan bantuan oksigen atau belum.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan dari hasil riset, jumlah orang meninggal yang sudah divaksin jauh lebih kecil.

“Angkanya membuktikan apa yang selama ini diharapkan itu persis, bahwa case fatality rate itu menurun jauh,” ungkapnya.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *