Mendagri Tegaskan Tak Ada Istilah Lockdown Papua, Gunakan PPKM

PeduliLindungi
Mendagri Tito Karnavian.

JAKARTA | GemaNusantara.id – Pemerintah menegaskan opsi PPKM berdasarkan level untuk menahan laju penyebaran virus corona. Mendagri Tito Karnavian menyebut pemerintah tidak dalam menggunakan istilah lockdown.

Mendagri mengingatkan istilah lockdown berpotensi membuat bingung masyarakat. Mantan Kapolri itu menyebut PPKM Level 4 lebih jelas dan rinci karena terdapat petunjuk teknis pelaksanaannya.

“Saya sudah komunikasikan ke Pak Gubernur. Kita gunakan istilah PPKM level 4 level 3, bukan istilah lockdown. Kalau lockdown, nanti masyarakat jadi bingung,” kata Tito dalam jumpa pers di Kantor Presiden, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7).

Dalam kesempatan itu  Tito menjelaskan ada tiga daerah di Papua yang menerapkan PPKM Level 4, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Ia menilai pembatasan yang berlaku di tiga daerah itu sudah cukup ketat.

Tito menambahkan ada sejumlah daerah lain di Papua yang menerapkan PPKM Level 3. Beberapa di antaranya adalah daerah penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON).

Tito berkata pemerintah akan menerapkan PPKM Level 4 dan PPKM Level 3 di Papua sampai 2 Agustus. Ia menyebut akan ada evaluasi terhadap penerapan kebijakan ini.

“Kita berharap terjadi penurunan kasus di Papua seperti harapan Bapak Gubernur dan masyarakat di sana,” tutur Tito.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *