Menkes Terima Arahan Jokowi Target Vaksin 5 Juta Dosis Per Hari

produksi alat kesehatan

JAKARTA | GemaNusantara.id Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kementerian Kesehatan akan berupaya terus menggenjot laju dan capaian vaksinasi virus corona (Covid-19) hingga menjadi 5 juta dosis per hari.

Budi mengatakan target itu sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo. 

Budi menyebut target itu akan diupayakan tercapai mengingat suplai vaksin covid-19 di semester II atau pada periode Juli-Desember 2021 meningkat dibandingkan dengan semester pertama. 

“Pak Presiden mengarahkan agar dipastikan sejuta vaksinasi di Juli ini terus tercapai, dan beliau Agustus pengen 2 juta, dan beliau juga menambahkan kalau perlu bisa dinaikkan sampai 5 juta,” kata Budi dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7). 

Budi merinci, pada Juli ini Indonesia sudah mendapatkan komitmen untuk mendatangkan sebanyak 31 juta dosis. Dengan jumlah itu, maka ia optimis vaksinasi sejuta sehari bisa terpenuhi. Terakhir, akhir Juni lalu Indonesia sudah kedatangan 14 juta dosis vaksin bulk Sinovac. 

Dalam hal ini, Indonesia membutuhkan setidaknya 363 juta dosis vaksin untuk memberikan vaksin pada 60-70 persen penduduk atau sebanyak 181.554.465 orang yang menjadi sasaran vaksinasi. 

“Agustus akan datang 45 juta dosis vaksin, jadi kita bisa menaikkan jumlah vaksinasinya setiap hari sehingga bisa sampai 2 juta,” kata dia. 

Bagikan berita ini di sosial media
    
   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *