Sambut HUT RI ke-77, Pemerintah Gelar Rangkaian Kegiatan Sebulan Penuh

  • Bagikan
istana negara HUT RI
Presiden Jokowi hadiri Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022). (Foto: Humas Setkab/Oji)

JAKARTA | GemaNusantara.id – Pemerintah akan melaksanakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 selama bulan Agustus 2022 dengan mengambil tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Kegiatan dimulai dengan acara Zikir Kebangsaan yang dilaksanakan di Istana Merdeka pada Senin (1/8/2022), diikuti oleh para tokoh lintas agama di Istana Merdeka,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama, dalam keterangan pers Bulan Kemerdekaan Tahun 2022, Senin (1/8/2022).

Selanjutnya, pada 13 hingga 22 Agustus akan dilaksanakan Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan di Sarinah, Jakarta. Pada pameran yang mengusung tema “Indonesia Menjawab” ini para pengunjung akan disuguhkan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen-dokumen lain.

“Kita akan lebih menekankan bagaimana para presiden, tujuh presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing. Katakanlah di zaman Pak Soekarno, bagaimana beliau menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, masing-masing presiden ini punya krisis yang harus dijawab. Dan yang terakhir di Presiden ke-7, Pak Presiden Jokowi menjawab tantangan krisis global, bagaimana menjawab pandemi COVID-19 ini,” ujar Setya.

Sementara mobil-mobil yang dipamerkan merupakan kendaraan yang pernah digunakan para Presiden RI mulai zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi. “Ini akan menarik karena mobil-mobil itu dipakai oleh para presiden kita, tujuh presiden kita,” ujarnya.

Agenda berikutnya adalah Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada 10 Agustus, diikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 yang akan dilangsungkan di Istana Negara pada 11 Agustus. Pada  12 Agustus akan dilaksanakan Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI di Istana Negara.

Kemudian akan diadakan geladi kotor dan geladi bersih Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di halaman Istana Merdeka. Pada 15 Agustus akan dilaksanakan Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka di Istana Negara.

“Kemudian ada ini yang menarik buat terutama ibu-ibu dan semua masyarakat ini juga, Hari Belanja Diskon Indonesia yang dimulai tanggal 15 Agustus,” kata Setya.

Selanjutnya, pada 16 Agustus akan ada rangkaian acara kenegaraan yang setiap tahun harus dilaksanakan, yaitu Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023. Rangkaian acara ini akan bertempat di Gedung MPR/DPR/DPD RI.

“Kemudian pada 16 Agustus malam akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata,” ujarnya.

Acara inti tentu saja akan digelar pada 17 Agustus 2022, yaitu Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari. Upacara pada tahun ini akan digelar secara hibrida dengan mengundang masyarakat untuk hadir secara fisik di Istana Merdeka maupun secara virtual.

Pada 18 Agustus 2022, akan ada peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR/DPD RI. Sebagai penutup, akan digelar festival Rhapsody of Archipelago (RoAr) sekaligus untuk menyambut para tamu-tamu G20 dan peluncuran Taman Mini Indonesia Indah yang saat ini sedang dibangun

“Mudah-mudahan di akhir Agustus sudah rapi dan bisa kita gunakan untuk event RoAr tersebut, Rhapsody of Archipelago. Ya itu tadi rangkaian acara di bulan kemerdekaan dari tanggal 1 sampai dengan akhir bulan Agustus,” ujar Setya Utama.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.