Irjen Helmy Santika Lepas Kontingen Saka Bhayangkara Polda Gorontalo ke Pertikaranas 2022 di Sumsel

  • Bagikan

GORONTALO | GemaNusantara.id – Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika secara resmi melepas kontingen Saka Bhayangkara Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo yang akan mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Pertikara) Nasional ke IV tahun 2022 di Provinsi Sumatera Selatan.

Upacara tersebut dilaksanakan di Halaman Mapolda Gorontalo, Rabu (09/11/2022) yang diikuti oleh Pejabat utama dan seluruh personil. Turut hadir pula Waka Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi serta Kontingen Saka Bhayangkara dan para orang tuanya.

Dalam sambutannya, Helmy Santika mengatakan, Pramuka adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk meningkatkan keterampilan serta memupuk sikap kedisiplinan, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong dengan tujuan membentuk karakter atau kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda.

Selain itu, lanjutnya, untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda serta menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

“Pertikara Nasional merupakan wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Saka Bhayangkara yang berbentuk kegiatan perkemahan dengan orientasi kegiatan adalah kegiatan bakti dan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan sebagai wadah pendidikan bagi anggota Pramuka untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, dengan mengedepankan semangat persatuan dan persaudaraan guna menciptakan kader-kader bhayangkara yang patriot dan cinta tanah air serta mampu menjadi pelopor Kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” kata Helmy Santika.

Dengan adanya kontingen Saka Bhayangkara Provinsi Gorontalo yang akan mengikuti Pertikaranas di Sumsel, Penyandang bintang dua di pundak tersebut tak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang telah terlibat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ka Warda beserta jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada Saka Bhayangkara Polda Gorontalo untuk turut serta pada kegiatan Pertikaranas IV tahun 2022 ini, Dir Binmas beserta staf dan jajaran, para kepala sekolah dan orang tua peserta kontingen serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, dengan harapan pada pelaksanaannya nanti kontingen Gorontalo mampu menjadi yang terbaik dan pada akhirnya dapat mengharumkan nama provinsi”.

Helmy juga berharap, kepada seluruh kontingen Saka Bhayangkara Polda Gorontalo yang akan mengikuti kegiatan pertikara nasional, kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya serta menjadikan moment ini untuk menambah wawasan dan meningkatkan tali silaturahmi sesama peserta.

“Saya juga meminta agar senantiasa menjaga kesehatan, jaga soliditas dalam kontingen dan mampu menempatkan diri di lokasi kegiatan dengan tidak melakukan perbuatan – perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun kontingen. Hal ini sesuai dengan tema Pertikaranas IV tahun ini yaitu pramuka Smart (solidaritas, milenial, aktif, responsif dan tangguh,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Waka Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi. Mantan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo tersebut mengatakan, jika selama ini Provinsi Gorontalo selalu mengirimkan kontingen Saka Bhayangkara pada kegiatan Petikara yang dilaksanakan empat tahun sekali.

Ia juga mengungkapkan jika selama penjaringan terhadap para kader Saka Bhayangara, Pihaknya telah bekerja sama dengan Polda Gorontalo hingga dapat menghasilkan Pramuka Pramuka Gorontalo yang handal dan berprestasi dalam hal penguatan nilai nilai kebangsaan bagi generasi muda.

”Saya ucapkan terima kasih kepada Polda Gorontalo yang begitu antusias dan responsif terhadap kegiatan Kepramukaan di Gorontalo”, pungkas Sofyan

Guna memberikan semangat kepada kontingen Saka Bhayangkara Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo yang akan mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Pertikara) Nasional ke IV tahun 2022 di Provinsi Sumatera Selatan,

Kapolda Helmy usai upacara pemberangkatan, membuat kontes yel-yel yang diikuti oleh perwakilan personel Ditsamapta, Polwan, Satbrimobda dan juga kontingen Saka Bhayangkara Kwarda yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara, dimana hadiah yang diterima oleh peserta kontes, diserahkan seluruhnya kepada kontingen Saka Bhayangkara Kwarda yang akan berangkat.

Bagikan berita ini di sosial media
    
   
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *